Minggu, 15 Mei 2011

Mau Kuliah di Mesir?

Bagi teman-teman yg pengen kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, seleksi beasiswanya udah dibuka loh! Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini seleksi tidak lagi diadakan di tiap UIN di seluruh Indonesia. Akan tetapi, seleksi akan dipusatkan di Kedubes Republik Mesir di jalan Teuku Umar no.68 Jakarta Pusat. Seleksi akan diadakan mulai tanggal 16 hingga 23 mei 2011. Ujian terdiri dari tes hapalan Qur'an, bahasa Arab, dan wawasan keislaman.

Menurut Maya, pemusatan seleksi di kedubes sebenarnya sangat memberatkan teman2 yang berdomisili di daerah. Namun, di sisi lain, pemusatan ini juga menguntungkan karena artinya hanya ada satu kali tes seleksi. Kalo dulu, Maya harus ikut tes tertulis di UIN, kalo lolos baru boleh  ikut seleksi berupa tes lisan di kedubes. Nah, biasanya seleksi di kedubes tidak ribet. Kita akan dipanggil masuk, berhadapan dengan seorang penguji WN Mesir. Kalo semua pertanyaan lisan terjawab dgn baik, maka penguji langsung memberitahu kalo kita lulus. Malah pernah ada teman May yg hapal 30 juz, langsung dibebaskan dari tes dan diberi hadiah al-qur'an sama syekh pengujinya.



Setelah lolos seleksi, kita akan dikarantina di Jakarta untuk dibekali persiapan sebelum kuliah di Mesir. Dulu, Maya karantinanya nggak sampe sebulan, tapi seru banget karena bisa ketemu mentor2 berkualitas. Salah satunya, Prof. DR. Amani Lubis.MA

Studi di Mesir memiliki banyak keuntungan. Pertama: kalo kita nggak lewat jalur beasiswa sekalipun, di sana banyak lembaga beasiswa utk mahasiswa asing. Setelah lulus tahun pertama, kita bisa apply di lembaga yg manapun kita mau. Kedua: bagi yg benar2 ingin mendalami ilmu agama, Mesir adalah pusatnya. Selain kuliah, kita juga bisa ikut pengajian gratis, menghapal qur'an, dan aktivitas keislaman lainnya yang bisa didapati dimana2. Ketiga: dibanding negara2 Timur tengah lain, biaya hidup di Mesir masih terbilang murah. Apartemen misalnya yg terdiri dari 3 kamar, satu dapur, toilet, dan ruangtamu masih bisa dijangkau dengan harga sewa sejuta perbulan. Satu juta itu bisa urungan sama teman2 seapartemen.

Keuntungan lain, komunitas WNI di Mesir sangatlah beragam sehingga kita nggak bakal ngerasa kesepian di sana hehe. Bahkan nyaris tiap provinsi punya asrama untuk mahasiswa seperti Sulawesi, Medan, Jakarta, Jatim, dst. Kalo kangen masakan Indonesia, di sana banyak sekali resto2 atau warung yang digawangi oleh mahasiswa indonesia juga. Mau makan empek2 misalnya, lgsung aja pilih resto yang ada! Tambahan lagi, di Mesir sangat banyak tempat wisata kelas dunia yg antik dan penuh sejarah. Jadi, kalo pas musim liburan, sgt byk tawaran tur bareng teman2 :)

Bagi teman2 yang udah lolos seleksi beasiswa, tentuna benefit yang didapatin lebih banyak. Salah satunya, kita nggak perlu bingung nyari apartemen karena di sana disediakan asrama internasional yang bakal menjamin hidup kita selama studi di sana. Selain fasilitas tempat, asrama internasional atau yg dikenal dgn nama buus islamiyah juga akan memberikan uang saku bulanan dan makan 3 kali sehari. Serunya tinggal di asrama internasional, kita bisa berinteraksi dengan teman2 dari manca negara. Dulu, Maya punya tetangga kamar org Cina, Thailand, dan Afrika :) Kompleks asrama kalo digabungan nyaris satu kelurahan saking luasnya. Di dalamnya ada puluhan apartemen, mesjid, tempat makan, gym, lab komputer, laundry, dan fasilitas lainnya. Kpn2 maya bahas khusus lgkp dgn fotonya ya :)

Oh ya, teman2 yang kesulitan mencari apartemen juga nggak usah khawatir karena di sana ada beberapa asrama terbuka untuk menampung mahasiswa asing seperti asrama jam'iyyah syar'iyyah, asrama Tahrir, dan lain-lain. Selain gratis, tinggal di asrama akan membuat kita lebih disiplin karena peraturannya biasanya lbh ketat drpd apartemen biasa.

Nah, mengenai info lbh lgkap ttg seleksi beasiswa tahun ini, kontak saja kedubes setiap jam kerja di (021) 31931141.



26 komentar:

Nini Hartini mengatakan...

beruntung ya kamu bisa belajar di mesia :)

kapan tamatnya?

Mayyadah mengatakan...

@nini: alhmdulillah:)
selesainya baru thun kmrn, 2010

Raxen Vrathdar mengatakan...

catatan lngsung dri seorang alumni trkemuka :) mnta doany y kak, wat yg bulan dpan mo ujian

Ra-kun lari-laRIAN mengatakan...

kalo saya maunya kuliah ke Harvard :D
blognya saya follow ya ^^

Mayyadah mengatakan...

@vrathar: rabbuna yusahhil ya dek. cepat lulus, indonesia is waiting for you :)

@rakun:harvard? gak mudah loh nembus sana. wow, moga aja terkabul :) tks atas vsitnya

abisabila mengatakan...

Kuliah di Mesir? Tentu saja saya ingin, tapi...harus sadar dengan kenyataan. Semoga saja, kelak Sabila bisa mewujudkan mimpi ini jadi kenyataan. Amin,insya Allah.
Terima kasih atas kunjungannya sekaligus doanya. Salam ukhuwah dari Tangerang.

Nini Hartini mengatakan...

owhh saya follower baru. jagi masih belum benar2 kenal sama Maya. jadi, sekarang sudah bekerja?

Mayyadah mengatakan...

@abi sabila: amin amin. makasih atas kunjungan baliknya

@nini: add FB saya saja, kita bisa lbh nyaman berkenalan. skrg saya mengajar di madrasah:)

Hendriawanz mengatakan...

wah, perjalanan yang hebat. salut atas semangat hingga pencapaian kini.
ditunggu karya2 selanjutnya..

exort mengatakan...

dulu saya sering cari2 beasiswa ke LN tapi sekarang uda ga lagi, nyesel juga dulu ga pernah lulus seleksi beasiswa2 itu

anis mengatakan...

btw, sudah aman blom ya mesir pasca kadafi kmarin?

sheila mengatakan...

hai maya, slm kenal. aku follow ya. and don't forget to follow back. thank u ;)

.:diah:. mengatakan...

asyik ya bisa kuliah disana... tapi untung gk knapa2 yaa karena kejadian kemarin.

Elsa mengatakan...

ada sodaraku kuliah di mesir juga...
aku? hehheheee males kalo disuruh kuliah lagi. hehehheee

AriE ONly mengatakan...

Assalamu'alaikum mbak maya mamanya si kembar... ^^

hehehe lama ni gak berkunjung di blog mbak maya.... gmn kabar si kembar mbak? apik2 wae y?? jagoannya bertambah besar dan sehat y mbak.. aminn....

ponakan Ari skrg udah 2 bulan mbak seneng bgt rasanya ada dedek kecil dirumah istimewa ni.. ^^

hmm.. tentang perkuliahan di mesir asik jg ya bisa merantau ke negri timur tp ari gak ada minat lagi buat kuliah mbak mungkin kalau menjemput jodoh mau ari :D.. gak tau knp ni.. maunya langsung kuliah di jalanan aja.. alias belajar langsung ke kehidupan... lebih asik dan hasilnya langsung di dapat... ^^

Blog ari udah ganti baju, udah ada mampir mbak kesana?? english version tp masih berantakan.. heheh gpp denk yg penting semangat belajarnya kuat..

AriE ONly mengatakan...

AriE dan Keluarga besar mendo'akan kesehatan dan murah rezeki untuk saudara2 muslim sedunia, Amin y Allah...

Warna indonesiaku :) mengatakan...

Asyik donk kul di mesir, tp gmn mo dpt beasiswanya klo bhs arab aja gak bs ,,, hehe.

ali febriyanto mengatakan...

pengen juga mbak...

Dian Eka mengatakan...

Menyenangkan denger tentang beasiswa.. :)

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

wow kuliah di Mesir kalau aku gak sanggup ninggalin yang disini hehehe abis jauh banget :p lagipula gak mungkin mampu akunya :D hehe

Awaluddin Jamal mengatakan...

sebenarnya mau sekali dapat beasiswa ke luar negeri, tapi apa daya otak ku tak mampu.. ha ha..

enaknya kuliah di mesir di'.. siapa tahu bisa kayak ceritanya AAC he he he, tapi syaratnya itu, hafal Al-Qur'an, ampunka' :D

Isna Noor Fitria mengatakan...

wahh.. namax sama ma kakak kelasq yg dlu kuliah di Mesir juga. Namanya K Maya Neta^^

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

info bagus nih buat yg mo kuliah di sana.

ummi mengatakan...

mohon infonya kak
kalo untuk tes non beasiswa kapan waktunya? apa udah lewat ya? saya liat di ditpertais katanya tahun ini tidak ada tes ke al azhar
apa betul?

trus apa bisa masuk alazhar tanpa bisa tes di indonesia dulu?

Bakhrul mengatakan...

Salam kenal dari thaalib jaddid 2011 mbak
dari awal sampai lulus di buuts y mbak?
~arek abdou basya~
bakhrul-ilmi.blogspot.com

Andry Baby's mengatakan...

O y, kira2 biyaya kamu pertama msuk , ongkos kesana , n mkan2 nya brapa ya , , ,?