Sabtu, 22 September 2012

My Trip to Brunei (Part 3): Makan...makan!

Selain urusan cuci mata, di negeri orang kamu juga pastinya "cuci" lain. Bukan cuci baju maksudnya hehe. Cuci lidah, cuci mulut, ama cuci perut alias makan makan! Karena Brunei masih wilayah Borneo, tetangga kita, jadi kuliner di sana gak beda drastislah sama kita:)
Terus terang, Maya bukan tipe cewek tukang ngemil atau jajan. Tapi di brunei, kumpul gak kumpul mesti ada makan haha. Kayaknya tinggal sebulan aja di negeri ini berat badan bakal naik 5 kilo! Wuih, maka sayalah org paling berbahagia jika itu terjadi :d Soalnya udah lama program penggemukan ini tak memperlihatkan tanda2 sukses:(


Waktu Maya maen ke Melboune, sempat kaget liat betapa bignya porsi makanan di sana. Porsi org bule hehe. Tapi, ternyata, oh ternyata, di brunei porsinya lebih "big" lagi. Haha. Pantes, cewek2 Brunei subur2 dan sejahtera badannya. Udah negara dgn gaji tinggi, tingkat kemalangan dan masalah sosial nyaris nol koma, ditambah pola makan yg...hhhh...Maya aja makan sampe sesak nafas. Gak pnh habis satu porsinya.

Rata2 satu porsi menu di sini seharga 5-10 dollar. (1 dolar Brunei sekitar 7ribuan). Ada juga sih menu yg murah meriah, namanya Nasi katok. Kalo di Indonesia persis nasi bungkus lah. Pilihannya ada yg pake ayam/daging sambal pedes ato sangat pedes. Tapi, "pedes" di Brunei bagi Maya gak ada apa2nya dgn pedes kita hoho. Jadi, sebaiknya: pilih menu "sangat pedes" haha. Mau beli di warung kecil atao di mall harga nasi katoknya sama aja: 1 dolar. Sepertinya mall di sini gak pake pajak. *Wondering*.

Maaf ya klo ada yg ngiler, namanya juga ngobrolin masalah lidah hehe. Nah, mates, cekidot aja foto2nya yaa:)


My 1st Breakfast: Roti Canai:)

Ditraktir ke resto Arab o teman yg kebetulan dosen tamu di univ sana:)

Nih dia makanan khas Brunei: Ambuyat. Sejenis sagu putih
Cara makan: Ambuyat ini dicelupin ke sambal yg ada biji2nya gitu.
Gak tau biji apa ya namanya.
Pas makan ambuyat ini sempat bingung. Aneh rasanya, kayak makan lem aja haha. Gak ada rasanya sama sekali. Pas dicelupin ke sambelnya pun Maya makin susah menganalisis rasanya kyk gimana (analisis apa! bahasanya canggih bgt haha) Kata tmn2 Brunei: jgn dikunyah, langsung ditelan aja. Trus makannya pas lagi hangat, klo udah dingin gak enak lagi. Kebayang kan? heuheue.


Ahda lahap bgt makan ambuyat plus kangkung:)

Salah satu menu breakfast di hotel: noodle soup with fishball. Yakin aja, bakso yg enak cuma di negeri kitalah:p

Ini ceritanya lagi eneg makan yg berlemak. Pas liat menu, wah ada RUJAK. Ternyata, waks, rujak di brunei kayak gini, Mana rasanya manis banget *sigh* Salah pilih menu!

2nd Breakfast di hotel: stir fried spore meehon and fresh tropical fruit platter:)

at WE CAN reasturant. suasananya kayak di rumah2 Western gitu:) Di resto ini kamu bs milih spot.
mau duduk pake sofa gueedee, lesehan ato kyk gini:)
Menu di We Can Resto. Alhamdulillah gak salah pilih menu lagi. Sup Tulang! slurp, enak banget.
 Ternyata, kokinya org Indo :d




Gosip, makan, cerita, makan, ngobrol, makan. Pokoknya piring2 harus kosong sblm  bubar haha

Ini si Baba lg makan kambing klo ga salah. Oh ya, minum wajibnya Milo Ping artinya es milo :D

To be continued lagi gak yaaa? hmm...bakal ada part 4 kayaknya:)

7 komentar:

athir mengatakan...

wah...jadi lapar liat foto2 kak maya >.<

Memang kak, lidah orang indonesia lebih suka makanan yg berasa, berbumbu..klo tak ada rasa mana enak n ciri khasnya kita lagi kalo belum makan nasi belum makan..hihihi..

athir mengatakan...

wah...jadi lapar liat foto2 kak maya >.<

Memang kak, lidah orang indonesia lebih suka makanan yg berasa, berbumbu..klo tak ada rasa mana enak n ciri khasnya kita lagi kalo belum makan nasi belum makan..hihihi..

cipu mengatakan...

HUaaa saya pengen sekali ke Brunei secara ada beberapa teman akrab disana :D... Btw Ambayat nya itu kayak nya enak deh... ntar coba cari di Jakarta

Leadership Developmant Training mengatakan...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Hidup akan menjadi indah jika kita bisa bermanfaat untuk orang lain.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

felicity mengatakan...

Wahhh...saya selalu penasaran pengen tahu kuliner di Brunei dan suasana negaranya karena sepertinya jarang diekspos ya...

Kalau makanannya sepertinya mirip dari penampakan dan nama...tapi buat rasa mungkin makanan kita tetap lebih yummy...same here.... setelah ke sana dan ke sini saya semakin mencintai masakan Indonesia.... yan tak ada duanya :D

Elsa mengatakan...

penasaran sama ambayatnya tuh...
pasti aneh ya

Mila Said mengatakan...

Pengen ke brunei deeeeh