Jumat, 03 Mei 2013

The Only Moment

Saat panitia pembuatan video dokumenter riwayat hidup almarhum Bapak meminta data2 ke saya, sungguh saya terkejut. Bukan karena saya tdk rela perjalanan hidup Bapak diekspos, tapi karena saya baru sadar kalau kebersamaan saya dg Bapak tidak banyak yg tersimpan dlm foto. Saya membongkar album, file2 di laptop, tapi hasilnya saya hanya mendapatkan dua foto yg benar2 merekam kebersamaan saya dg beliau :(

Pertama foto keluarga kami. Foto itu adl satu-satunya foto keluarga kami. Mama, Bapak, saya dan kelima adik2 saya berkumpul lengkap di hari ultah pernikahan Bapak dan Mama. Saat itu saya msh kelas satu Tsanawiyah klo gak salah ingat. Setelah itu kami terpisah oleh ruang. Ada yg studi ke Gontor, Jogja, Bandung, Mesir, dan di Sulawesi tentunya. Bahkan saat hari pernikahan saya pun kami tak bisa berkumpul :( Sedihnya lagi, kami baru bisa berkumpul lagi setelah Bapak tiada, di hari kematiannya.



Foto Keluarga 'M7W'

Foto kebersamaan saya dan Bapak berikutnya adalah foto jadul ini. Saya msh jd 'anak tunggal' di sini. Baju yg saya pakai itu baju jahitan Mama. Entah berapa umur saya di foto ini. Dan saya juga tak pernah menanyakannya. Foto ini bisa dikatakan harta karun saya. Selebihnya saya tak punya foto berdua dg Bapak.   Sungguh itu saya sesali. Setiap waktu saya menjepret momen2 narsis saya di social media, tapi momen bersama Bapak saya tak pnh merekamnnya. 

Me and Dad
Saya berharap teman2 yg msh punya keluarga lengkap belajar dr pengalaman ini. Sejatinya, kenangan akan abadi di hati yg mencintai, tetapi dunia terkadang menagih 'bukti'. Sebuah potret, seusang apapun, selalu akan membangkitkan kenangan dan ribuan cerita :)

10 komentar:

Rian Ra-kun mengatakan...

saya jadi sadar bahwa saya juga jarang foto dengan orangtua....

Elsa mengatakan...

iya yah...
kadang untuk hal hal seperti itu kita lupa..
padahal kebersamaan dengan keluarga adalah waktu yang sangat berharga

Maya mengatakan...

@ra-kun: selama msh ada kesempatan, just do it! :)
@elsa: kebersamaan itu mahal dan langka:)

Mugniar Marakarma mengatakan...

Alhamdulillah bapak saya masih ada, usianya 73 tahun insya Allah di bulan Juli mendatang.

Alhamdulillah, saya suka diam2 memotretnya saat ini saat beliau sedang asyik mengerjakan sesuatu. Bbrp fotonya ada dlm cerita di blog saya.

Btw, sekarang tinggal di mana?

Maya mengatakan...

@mugniar: skr udah balik dr mesir kak. bolak-balik barru-makassar skr :)

laili umdatul khoirurosida mengatakan...

wah foto lama masih ada aja ya

covalimawati mengatakan...

wah iya ya..
aku ga punya foto bareng bapak. Klo bareng ibu sih ada, cm bbrp
Selagi masih komplit smua, mau foto2in ah :)

Ratu SYA mengatakan...

hmm iya mbak, foto itu bisa bercerita lebih dari gambar yang terbidik di dalamnya.
hola apakabar mbak ? :)

Mila Said mengatakan...

itulah fugsi utama foto2 ya mba, untuk menyimpan kenangan :)

Unknown mengatakan...

Foto2 sy bareng Bpk terakhir itu waktu sy wisuda.
waktu itu kamera yg berhape jg belum se-marak sekarang :(
Akhirnya kmaren waktu mudik sy bongkar album lama dan mengambil gambar beliau dr album2 itu..