Kamis, 25 Maret 2010

Hal-hal Tabu Bagi Org Mesir

Sebenarnya kata TABU kurang tepat kali ya, intinya maksud Maya bisa frenZ ngerti. Kita mungkin sering mendengar istilah PAMALI dari orang tua atau hal-hal yang tidak boleh dilakukan, padahal alasannya nggak logis sama sekali. Maya pernah dibilangin ama nenek kalo gadis yang belom nikah gak boleh nyanyi depan kompor, nanti jodohnya susah. Emang jodoh di tangan kompor hahahah. Ada juga larangan duduk bersusun di tangga rumah, bisa ngehalangin rezki datang katanya. Nggak boleh bobo sore karena banyak setan berkeliaran, nggak boleh dudukin bantal soalnya nanti bisulan hahhaha. Nggak boleh inilah itulah, ada aja alasannya.

Nah, kalo di Mesir ada juga kayak gitu. Biasanya kalo pas kita lakuin hal yg tabu itu, org mesir bakal negur kita dengan bilang: "itu aib!" ato sambil masang muka ketus plus kibas-kibasin telunjuknya. Yuk, guys, kita bongkar aib org mesir heheh...kira-kira apa aja yang dianggap tabu menurut mereka.


Pertamax, nggak boleh jongkok depan umum. Mungkin karena mirip dengan org mau buang air kaleee hihihi. Jadi, biasa tuh, pas Maya lagi pegel nunggu bis, gak sadar lgsung jongkok. Pas ditegur lgsung sadar kalo Maya lagi bukan di indo!


Dua, org Mesir menganggap tabu kalo cewek pake motor. Jadi, 4 tahun Maya di mesir, gak pernah liat cewek pake motor. Imbasnya seh, kita yg bisa pake motor jadi gak bisa pasang action di jalan. Tapi, Maya emang gak bisa naik motor seh hihih.


Tiga, nggak boleh bersendawa depan umum. Sama halnya dengan di Eropa. Kalo yang ini, di indo malah dipamerin di iklan sebuah minuman soda hahah.


Papat, jangan coba-coba pegang ato nyentuh dengkul alias leher org Mesir, bisa-bisa kena semprot. Soalnya, pegang leher itu mirip kebiasaan jahiliyah dimana cuma kaum budak yg diikat lehernya. Kalo pegang janggut boleh malah, tapi Maya gak pernah dan gak akaaaannn nyoba!


Limo-sin, hehhe. Org Mesir gak suka kalo ditanya hal pribadinya seperti berapa gajinya, nanyain istrinya siapa, de el-el.


Trakhir, org mesir nganggap pamali kalo ada org yg gak minum teh tiap hari. Hahaha...sori, kalo yg trakhir ini cuma Maya yang ngarang. Soalnya org mesir itu maniak minum teh, mana pake ampas, pekat, en manisssss bgt. Pagi, siang, sore, mlm, gak kehitung deh tiap hari mereka minum teh berapa kali heheh.


Nah, udah tahu kan Frens. Jadi, hapalin yah sblm ke Mesirnya =P


36 komentar:

Jazz Muhammad mengatakan...

hahahahah aku suka yang bagian ini

"emang jodoh di tangan kompor?"

dari mana itu teh..? hehe

makasih2 sharingnya
eh kalau dimesir orang makanannya apaan teh..jadi inget liat fim ayat2 cinta aja


soalnya aku emang belum pernah ke luar negeri, apalagi ke negeri para nabi itu (eh bener ngga sih.?)

sip2

AriE ONly mengatakan...

Hmmm... klo buang angin depan umum gimana???
ha..ha.. g' deng becanda, bisalah dihapal klo kemesir... kyknya ari bakalan kemesir, wanita2 sana manis bener mbak,,,, apalagi yg ari liat dari fb mbak... ^_^y

elok langita mengatakan...

mbaa mayaaa... minta foto foto di meshirnya donk,, ^___^

hihihiii.... engga boleh jongkok plus naik motor, berarti motor di meshir engga laku iah.. heheheee

Mayyadah Or Maya mengatakan...

@jazz= iya, betul! mesir itu negeri para nabi^^
@arie= huuu...dassarr...penyakt playboynya kumat hahha
@elok= liat semua arsip "all about egypt" aja dek. byk dstu foto2nya^^

Hasiboean mengatakan...

betul betul betul... ^_*

wah... madam maya rugi blm liat pemandangan langka ini di mesir. dulu kr2 belasan bulan yg silam, tiba2 di depan halte taki sebuah vespa 3 roda meluncur ke arah duwea'. uniknya yg nyetir mama2, mgkin lbh tepatnya nenek2, pke kaca mata lagi.. he he he.

senja mengatakan...

aduhh,...gak kebayang bisa travelling ke mesir,negri para nabi dan negri yg eksotis ya mba ^^

ali febriyanto mengatakan...

masak cuma 4 mbak, ada yang lain gak????

Alrezamittariq mengatakan...

oke oke...dihapalin,,,ntar siapa tau ada rencana Allah yang memberangkatkan aku ke mesir...eh ..Arab dulu deh buat haji..Amin...

Osi mengatakan...

Unik unik ya kebiasaan di Mesir....tp ada baiknya buat di teladani seperti bersendawa di depan umum.....soalnya sy kadang jengkel ada dengar org yang lagi bersendawa apalagi sendawanya kencang bangeetttt, jadi gak nafsu makan

♥ria♥ mengatakan...

klo yg pertama dan ketiga, aku sering lakuin hehehe :p

Sou Stalker mengatakan...

halo,thanks uda berkunjung,salam kenal ya.

iLLa mengatakan...

waahh.. udah jelasin hal2 yg nda boleh dilakukan di mesir, jadi kapan kita diajak jalan2 ke sana? hehe..
soal minum teh, keknya bukan cuman disana deh, orang2 di rumahku jg pusing kalo seharian blom minum teh, haha...

ALRIS mengatakan...

Nice posting. Minum teh tiap hari manis, apa gak banyak yang sakit gula ya. Salam silaturahim. Kunjungan perdana.

nietha mengatakan...

jadi tau nih kebiasaan orang mesir.. masalah ngeteh beda deh ma orang yceh yang doyannya kopi

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

tks ya dah berbagi. jadi tahu nih. ternyata kita harus pintar2 mengerti kebiasaan dan tabu mereka ya, daripada diomelin.

Pandi mengatakan...

pamali itu.. kadang ada benernya loch.. tapi harus diteliti juga.. biar ngak taklid buta.. intinya tetep kita harus hormat sama orang tua, tuan rumah orang atau negri orang.. contohnya mesir.. pandi inget2 dech..

Anonim mengatakan...

nice infoh^^

richo mengatakan...

wah aku apalin deh sapa tau dapet tiket ke mesir gratis heheh

quinie mengatakan...

beneran gag boleh jongkok? kalo ngedeprok, bole kah?

fai_cong mengatakan...

aw aw aw...
ni di mesir ya mbak..
kapan bisa hijrah ke sana ya?
hihi..

aan mengatakan...

kalo hal2 itu disini (ind) biasa,tp jd aneh kalo di mesir,,jadi tau budaya negara orang,,

HAPIA Mesir mengatakan...

yang jelas jangan nggoda cewek mesir..kalo g mau dapet tiket pulang gratis...

tapi malah sering digangguin...apa lagi sama cewek yg tinggal disebelah...hahahahha

Artikel Islami mengatakan...

katanya kalo make sarung didepan umum juga aib ya??

IHSAN mengatakan...

wah jadi belajar kehidupan negara lain nich

thanks fpr sharing

catatan kecilku mengatakan...

Aku juga minum teh, pagi dan sore... jadi kapan2 kalau aku ke Mesir gak usah kaget lagi... hehehe

Maksaih ya udah mampir ke tempatku

Okkots mengatakan...

May, gimana dengan cipika-cipiki, apakah hal tersebut umum untuk para pria Mesir???

cipu mengatakan...

Mayaaaaa,

Saya suka tulisan ini. Saya tertatrik dengan hal yang berbau cross culture.

Do and don't ini sangat berguna. Insya Allah, kalo saya ke Mesir, tulisan ini bisa dijadikan referensi. Like this, sista....

Mayyadah Or Maya mengatakan...

org mesir jg suka cipika cipiki kok

bahak mengatakan...

syai syai.... syai bi ginih... hehe....

wah bunda maya ternyata persis kayak namanya... maya... ternyata punya blog maya juga.. hehe...


hidup ziyadah..... kapan nih ziyadah blogger kumpul??

darahbiroe mengatakan...

hehehjadi mendadak ingin ke mesir nuy hahahahah

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger
maksih
:D

kurniawan.q mengatakan...

salam bunda gimana kabarnya maaf baru berkujung

Meidy mengatakan...

next posting ttg yg disukai org Mesir ya.. biar yg punya rencana ksana bisa cepet adaptasi. Siapa tau juga ada yg 'menguntungkan', cipika cipiki misalnya, hahaha..

dEe mengatakan...

waah,,makasih infonya..jadi nambah pengetahuan nih^^
salam kenal yaah =)
dan selamat belajar di negeri orang =)

Elsa mengatakan...

teh yang dikasi susu itu ya???

13ahar mengatakan...

wajar-wajar aja sih, setiap bangsa pasti punya ketabuan akan suatu hal yang mungkin menurut bangsa lainnya aneh, unik dan bahkan mungkin ga masuk akal. keik di Thailand kalau aku ga salah menunjukkan telapak tangan itu ga boleh. aneh 'kan?

salam kenal,

Good Luck!!!!

Anonim mengatakan...

Ada lg may co mesir aib kalo telanjang dada. Dan satu lagi jgn muji pasanganx. Nanti dibilang tafadhal deh.